Hal Yang Membuat Emosi Meningkat

Ini semua saya lihat dari kehidupan saya pribadi sendiri. Sehingga saya berniat untuk mengungkapkannya disini. Tanpa kita sadari, kita biasanya sering marah-marah sendiri tanpa kita tahu apa penyebabnhya. Semua orang yang ada di dekat kita atau disekitar kita akan menjadi serba salah. Dan semua hal tidak bisa kita terima. Ini seringkali terjadi oleh anak-anak remaja, maupun orang dewasa. Pernahkah anda merasa emosi anda menjadi tak terkendali? Atau anda pernah melihat orang yang sedang emosi berat? Hah, hal ini dapat disebabkan oleh permasalahan-permasalahan sebagai berikut.

1. Masalah ekonomi. Dan mungkin saja ia sedang terlibat dalam masalah ekonomi yang cukup berat baginya. Misalnya : Hari ini ia berdagang, tapi hingga sore, dagangannya itu belum laku terjual, sehingga ia merasa kecewa dan frustasi karena ia belum dapat keuntungan untuk membiayai biaya hidupnya.

2. Tugas dan Pekerjaan menumpuk. Saat seseorang tidak mempunyai banyak waktu luang untuk menyelesaikan semua tugas dan pekerjaannya, seseorang akan menjadi serba salah. Entah tugas apa yang mau ia kerjakan duluan. Dan ia akan bingung bagaimana ia bisa menyusun waktu dengan baik dan benar.

3. Lapar dan Belum Makan. Saat seseorang merasa dalam perutnya sudah menggedor-gedor alias lapar, ia akan berusaha untuk mendapatkan makanan. Saat itulah mungkin ia sedang terjebak macet dijalan atau tidak punya uang untuk membeli makanan ataupun ia belum mendapat pilihan makanannyayang tepat. Ia akan merasa serba salah juga. Dan membuat segala sesuatu di sekitarnya menjadi serba salah.

4. Kelelahan. Saat seseorang melakukan aktivitasnya terlalu rutin, ia akan merasa capek yang amat berat bagi nya. Di sini ia merasa kurang tidur atau sangat capek karena ia tidak berhenti-berhenti melaksanakan aktivitasnya setiap hari. Saat inilah orang akan mengeluarkan semua emosi yang dimilikinya saat itu.

5. Cuaca tidak menentu. Ini dirasakan saat musim pancaroba atau pergantian musim. Saat ini cuaca akan menjadi tidak tentu arah. Sebentar panas, sebentar hujan. Dan juga saat seperti ini penyakit akan berdatangan. Jadi, ketika ini kita akan merasa sangat risih, gerah, suka marah-marah sendiri dan sangat haus serta serba salah. Semua yang kita pakai akan menjadi serba salah. Dan saat ini adalah saat-saat emosi meningkat jauh lebih tinggi. Misalnya: ia pake HP, HPnya nanti dimarah-marahin. Pake baju, bajunya jadi serba salah sempitlah, buruklah, dan segala macam. Makan, jadi tak selera. Bawaan ingin minum terus. Dan juga ingin tidur terus. Dan masih banyak lagi lainnya.

Bagaimana kita mengatasi hal-hal tersebut??? Hal tersebut dapat diatasi dengan cara sebagai berikut.

1. makan dan minum yang cukup setiap hari.
2. makan makanan yang 4 sehat 5 sempurna.
3. olahraga yang cukup.
4. perbanyak makan vitamin.
5. tidur dan istirahat yang cukup dan tepat waktu.
6. mengatur dan membagi bagi waktu.
7. perbanyak minum air putih dan susu.
8. jangan mengikuti aktivitas secara berlebihan dalam satu hari.
9. jangan suka membuang buang energi untuk hal-hal yang tidak penting.
10. kurangi waktu untuk keluar saat waktu dan cuaca sedang tidak mendukung.

Mungkin hanya sedikit yang dapat saya berikan. Semoga dapat membantu anda.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s