Pelanggaran HAM Semakin Merajalela

Indonesia Kutuk Pelanggaran HAM Israel di Gaza

Lagi-lagi pelanggaran HAM semakin merajalela di muka Bumi ini. Contohnya saja, sekarang Israel yang melakukan pelanggaran kemanusiaan terbesar abad ini. Mereka telah memakan banyak korban jiwa dari warga palestina dan Gaza.

Pemerintah Indonesia mengutuk pelanggaran HAM Israel di Gaza yang telah mengakibatkan krisis kemanusiaan dan meminta masyarakat internasional mendesak Israel menghormati hukum internasional, hukum HAM dan kemanusiaan internasional.
Menurut keterangan resmi yang diterima, pernyataan tersebut disampaikan oleh Delegasi Indonesia dalam Sidang Khusus Dewan HAM ke-9, Jumat, di Palais des Nations, Jenewa, Swiss yang membahas pelanggaran HAM di wilayah pendudukan Palestina termasuk serangan terakhir Israel di Jalur Gaza.

Dalam pernyataannya di hadapan Sidang Khusus Dewan HAM, Delegasi Indonesia menegaskan bahwa masyarakat internasional tidak bisa lagi tinggal diam dan menunggu eskalasi pelanggaran HAM dan krisis kemanusiaan yang dialami rakyat Palestina di Jalur Gaza yang sudah mencapai lebih dari 700 meninggal dan 2.500 luka termasuk wanita dan anak-anak.

Untuk itu, Delegasi Indonesia mendesak agar Dewan HAM sebagai badan PBB yang berkompeten untuk menangani isu HAM, segera mensahkan resolusi keras terhadap Israel.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia menyambut baik resolusi Dewan Keamanan PBB 1860 yang mendesak gencatan yang segera, langgeng dan dipatuhi dengan tujuan penarikan penuh pasukan Israel dari Jalur Gaza.

Namun demikian, Pemerintah Indonesia menyampaikan bahwa masyarakat internasional tidak bisa menerima kalau Dewan HAM tidak mengambil tindakan nyata untuk mencegah jatuhnya korban yang tidak berdosa sebagai akibat dari hukuman kolektif (collective punishment) yang dilakukan oleh Israel sejak 27 Desember 2008.

Oleh karena itu, Delegasi Indonesia mendukung usulan agar Dewan HAM membentuk “Rapid Response Team” untuk memantau pelanggaran HAM di Palestina yang dilakukan oleh Israel sebagai kekuatan pendudukan, segera dihapuskannya blokade ekonomi dan dibukanya akses bagi bantuan kemanusian yang dibutuhkan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s