KITA DAPAT HIDUP 26061 HARI

 

Apabila Anda sedang merenungi kehidupan ini, tidak ada salahnya kita mencoba membuat perhitungan sederhana tentang usia manusia. Usia rata-rata orang Asia bisa mencapai 71,4 tahun. Kalikanlah bilangan ini dengan 365 hari, Anda akan dapatkan hasil 26061 hari. Ini adalah angka rata-rata (dalam hitungan hari) kita dapat hidup. Jika Anda tahun ini berumur 15 tahun, Anda sudah menjalani hidup 15 x 365 = 5475 hari, masih tersisa 20586 hari.

 

 

Buatlah sebuah hitungan untuk anda sendiri. Coba lihat berapa hari lagi anda masih bisa hidup . . . . .

 

Cobalah kita mencoba berpikir bahwa seolah-olah setiap hari merupakan hari terakhir hidup kita. Rasanya pesimistik, akan tetapi ada nilai kebenaran didalamnya. Untuk setiap hari dari hidup kita, berarti satu hari dari hidup kita telah berkurang. Kehidupan seringkali digambarkan sebagai sebuah sungai yang panjang. Tetapi benar sepanjang itukah ?

 

Mungkin hidup ini memang tidak sepanjang aliran sebuah sungai. Seorang manusia membutuhkan waktu tidur rata-rata 8 jam 1 harinya. Itu berarti 1/3 dari 1 hari penuh. Jika dihitung lagi secara lebih rinci, kita telah menghabiskan 8687 hari hidup kita hanya untuk tidur. Waktu 26061 hari hidup kita hanya tersisa 17374 hari Rasanya ini bukanlah waktu yang panjang-kan ?

 

Seberapa lama Anda menghabiskan waktu di tempat tidur, bermalas-malasan walaupun telah terjaga ? Sementara banyak orang lain telah melakukan senam pagi, menghabiskan sarapan paginya, atau sedang berangkat ke sekolah atau tempat kerja. Sedang Anda tidak melakukan apapun. Sangat sering, keberhasilan anda tergantung pada seberapa baik anda memanfaatkan waktu. Apakah anda dapat melakukan sesuatu sebanyak anda bisa selama waktu yang anda miliki.

 

Lalu, apakah dalam waktu 26061 hari itu kita telah melakukan hal-hal yang baik bagi diri kita dan orang lain ? Atau kita justru telah membuat kekacauan dalam hidup ini? Ketahuilah waktu akan tetap berjalan tanpa mentolerir untuk anda yang terlambat mengikutinya.

 

Tanpa anda sadari satu hari demi satu hari dari hidup kita telah berlalu. Kemudian, ketika waktu yang tersisa tinggal sedikit kita baru akan menyadari bahwa kita telah banyak menyia-nyiakan waktu hidup kita. Rasa penyesalan pun akan timbul. Penyesalan atas perbuatan-perbuatan buruk yang telah kita lakukan selama ini, penyesalan karena tidak menggunakan kesempatan untuk membantu sesamanyam penyesalan karena kita lebih sering membuat orang-orang di sekitar kita marah daripada tertawa, penyesalan karena rasa bakti yang kurang kepada orang tua kita.

 

Karenanya, manfaatkan-lah waktu anda yang tersisa sebaik mungkin. Akan sangat bijak jika dalam melalui hari-hari Anda, Anda senantiasa membuat orang disekitar anda tersenyum dan tertawa. Jangan biarkan penyesalan menggerogoti Anda ketika waktu telah didepan mata.

 

Ingat, kita Cuma punya waktu 26061 hari untuk hidup. Sudahkah Anda memanfaatkan setiap hari, jam, menit, dan detik hidup anda dengan baik? Masihkah anda akan menyia-nyiakan waktu anda? Sementara anda berpikir, tik…satu detik telah berlalu.

 

Sumber : MAJALAH BUDDHIS SAKYA JAMBI(edisi 02-NOV-08)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s