BENUA ASIA

I. Kondisi Umum Benua Asia.
Asia merupakan benua terbesar yang berada di bumi.
A. Luas wilayah benua Asia.
Sebagai benua terluas di bumi Asia mempunyai luas sekitar 43.998.920 Km2.
B. Letak Astronomis Benua Asia.
Asia terletak di 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT.
C. Letak Geografis Benua Asia. Secara geografis Asia terletak antara Benua Eropa dan Benua Australia serta di antara Samudera Hindia, Pasifik, dan Arktic.
D. Letak Geologis Benua Asia. Secara geologis Asia menyatu dengan Benua Eropa yang sering disebut Eurasia.
E. Batas-batas wilayah benua Asia;
1. Utara : Samudera Arktic dan Selat Bering,
2. Timur : Samudera Pasifik,
3. Selatan : Samudera Hindia,
4. Barat : Laut Tengah dan Laut Merah
F. Bentang Alam
Relief Asia bergunung-gunung yang tertinggi adalah Pegunungan Himalaya dengan puncaknya yaitu Mount Everest 8848 M, yang juga merupakan puncak tertinggi di bumi. Semakin ke timur dan tenggara pegunungan Himalaya semakin landai. Di arah barat reliefnya semakin melandai membentuk plato-plato di kawasan Iran dan Turki. Kemudian terdapat pegunungan yang terpisah di antaranya yaitu: Jazirah Arab yaitu sepanjang laut merah Teluk Aden, Pegunungan di selatan yaitu pegunungan Dekkan, Pegungan di Sri Langka, Di Indonesia, dan lain-lain. Kemudian daratan rendah terdapat di daerah sekitar atau pinggir aliran sungai-sungai besar seperti S. Huang HO dan Hindust serta di daerah Indocina dan semenanjung Malaka. Adapun daerah Depresi atau tanah yang turun antara lain: D. Kaspia, Aral, Laut Baikal. Sungai besarnya antara lain: S. Yang Tse, Mekong, Huang HO, Amor, S. Brahma Putra, dan S. Indush.
G. Iklim.
Iklim di Asia beraneka ragam karena daerahnya yang sangat luas. Pembagiannya yaitu:
1. Asia Utara : Continental Kutub, terutama wilayah Siberia Utara;
2. Asia Tengah : Continental Kering, terutama Gurun Gobi.
3. Asia Barat : Darat atau gurun, terutama Jazirah Arab dan Plato Iran Iklim Mediterania, terutama Jazirah Anatolia.
4. Asia selatan dan Tenggara : Tropis Basah.
5. Jepang dan Semenanjung Korea : Sub Tropis.
H. Keadaan Penduduk.
Pada tahun 1998 diperkirakan jumlah penduduk Asia sebesar 3.604.000.000 jiwa. Penduduk Asia terdiri dari berbagai tip eras yang telah bercampur baur sehingga menimbulkan Asimilasi. Ras yang ada di Asia antara lain:
1. Asia timur dan tenggara : Termasuk Ras Mongoloid dan Ras Melayu.
2. Asia utara dan tengah : Mayoritas termasuk Ras Kaukasoid.
3. Asia selatan bagian selatan : Mayoritas ras Kaukasoid dan Negroid.
4. Asia kecil dan barat : Mayoritas ras Europoid dan Negroid.
5. Asia barat bagian selatan : Mayoritas ras Negroid.
Kepadatan di Benua Asia tidak merata, tergantung dengan dimana tempat tersebut. Pada umumnya tempat yang paling padat adalah daerah lembah sungai dan daerah pantai.
I. Perekonomian penduduk.
Sebagian besar bermata pencaharian di bidang Agraris dan Pertambangan. Hanya beberapa Negara saja yang Industrinya telah berkembang, misalnya Jepang, Korea Selatan, dan Singapura. Pertambangan minyak bumi banyak dihasilkan di Timur tengah, Indonesia, dan Brunei Darusallam.

II. Beberapa Negara dikawasan Benua Asia.

A. Jepang/Japan
Jepang merupakan Negara yang berbentuk kepulauan yang dinamakan oleh orang Jepang sendiri adalah Nippon dan mempunyai julukan Negara Matahari Terbit dan negeri Sakura. Jepang yang beribukota di Tokyo merupakan Negara Industri terbesar ke-2 setelah Amerika Serikat.
1. Luas wilayah : 370.370 KM2;
2. Letak Astronomis : 30º LU-47º LU dan 128º BT-146º BT;
3. Letak Geografis : Di kawasan Asia timur yang terpisah dari benua Asia, di sebelah timur benua Asia dan sebelah barat Samudera Pasifik;
4. Batas-batas : utara adalah Laut Okhstosk, Timur adalah Samudera Pasifik, Selatan adalah L. Cina timur dan L. Filipina, dan barat adalah Laut Jepang dan Selat Korea;
5. Bentang alam : Terdiri dari pulau-pulau, empat pulau utama Jepang yaitu Hokkaido, Honsu, Sikoku, dan Khyushu. Pada umumnya adalah daerah bergunung-gunung yang titik tertingginya adalah G. Fuji atau Fujiyama (3778M). Pegunungan di Jepang merupakan masih termasuk rangkaian pegunungan Sirkum Pasifik, sehingga banyak gunung apinya. Sungai di Jepang pendek-pendek serta deras sehingga baik untuk pembangkit tenaga listrik. Danau di Jepang kecil-kecil yang terbesar adalah D. Biwa;
6. Iklim : Secara keseluruhan iklimnya yaitu muson laut sedang;
7. Keadaan penduduk : Pada tahun 1998, jumlah penduduk Jepang adalah 126.400.000 jiwa. Pertumbuhan penduduk 0,3% dan kepadatannya adalah 326 jiwa per KM2. Penduduk Jepang termasuk Induk bangsa Mongoloid, suku bangsa aslinya adalah suku bangsa Aino yang tinggal di P. Hokkaido. Penduduk Jepang yang terpadat adalah di P. Honsu dan bagian utara P.Khyushu;
8. Bentuk pemerintahaan : Kekaisaran yang menganut parlementer, Kepala negaranya adalah Kaisar/Tenno, dan Kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri;
9. Bahasa : Bahasa Jepang dengan huruf Kanji;
10. Agama : Sebagian besar Sinto dan selebihnya Budha;
11. Kegiatan Ekonomi : Industri, Pertanian, Perikanan, Pertambangan, Perhubungan dan perdagangan;
12. Kebudayaan: Jepang banyak menerima pengaruh dari Cina tetapi terdapat perbedaan yang jelas antara keduanya, seperti seni sendra tari, upacara minum the, tehnik merangkai bunga, DLL. Tapi kebudayaan Jepang yang harus dicontoh adalah suka bekerja keras dan Disiplin yang tinggi;
13. Bentuk kerja sama dengan Indonesia : Hubungan dengan Indonesia adalah dalam hal sebagai berikut :
a. Bidang politik. Kedua Negara saling menempatkan duta besarnya masing-masing.
b. Bidang ekonomi. Dalam bidang ekonomi terutama dalam bidang berikut:
– Perdagangan. Ekspor ke jepang antara lain Minyak bumi mentah, gas alam cair, aluminium, bijih besi, timah, DLL. Sedangkan Inpor Indonesia yaitu Mesin-mesin kendaraan bermotor, Mesin Industri, peralatan elektronika, lembaran besi baja, kapal, bahan-bahan kimia, DLL.
– Penanaman Modal. Jepang merupakan investor utama di bidang otomotif dan elektronika.
c. Bidang Tekhnologi. Jepang membantu dalam pembangunan bendungan Asahan, pembangunan pabrik aluminium, dan pembangunan kilang minyak Plaju.
d. Bidang pendidikan dan Kebudayaan. Misalnya saling tukar-menukar pelajar antar kedua Negara.

B. India
Selama kurang lebih 300 tahun India dijajah oleh Inggris. Lalu pada tanggal 15 Agustus 1947 India memperoleh kemerdekaannya yang pada saat itu India masih bersatu dengan Pakistan. Sekarang India yang mayoritas penduduknya beragama Hindu yang beribukota di New Delhi berpisah dengan Pakistan yang mayoritas penduduknya beragama Islam yang beribukota di Islamabad.

1. Luas wilayah : 3.316.500 KM2.
2. Letak astronomis : 8º LU-37º LU dan 68º BT-97º BT.
3. Letak geografis : Terletak di Asia selatan yang berupa semenanjung.
4. Batas-batas : Utara adalah Nepal, Bhutan, dan Cina. Timur adalah Bangladesh, Myanmar, dan Teluk Benggala. Selatan adalah Sri Langka dan Samudera Hindia. Barat adalah Pakistan dan Laut Arab.
5. Bentang alam : Berdasarkan bentang alamnya dapat dibagi menjadi 3 yaitu;
a. Daerah pegunungan Himalaya di utara. Di daerah ini terdiri dari pegunungan dan dataran tinggi;
b. Dataran rendah Gangga di Tengah. Di daerah ini adalah daerah yang subur, karena dilalui oleh S. Gangga dan S. Bharma Putra. Sehingga menjadi daerah pertanian dan terpadat penduduknya;
c. Semenanjung India di selatan. Umumnya berupa perbukitan dan pegunungan yang disebut Plato Dekka. Di sebelah barat dan timur terdapat Pegunungan Ghats barat dan timur.
Sungai-sungai besar India yang dapat di jadikan transportasi antara lain S. Gangga, S. Indush, dan S. Brahma Putra. Hutan yang ada di India adalah Hutan Tropis, Hutan Musim, dan sabana dan stepa.
6. Iklim : Iklim Tropis dan Sub tropis yang dipengaruhi oleh angin Muson.
7. Keadaan penduduk : Pada tahun 1998, penduduk India sebesar 988.700.000 jiwa. Terbesar kedua setelah RRc. Pertumbuhan penduduk 2.0% per tahun. Kepadatan penduduk rata-rata 500 jiwa per KM2. India termasuk Ras Kaokasoid yang disebut orang Aria. Penduduk India terdiri dari bermacam-macam suku.
8. Bentuk pemerintahaan : Republik. Dengan Kepala Negara presiden dan Prdana menteri sebagai kepala Pemerintahaan. India terdiri dari 27 negara bagian yang beribukota di New Delhi.
9. Bahasa : Bahasa Indi dan Inggris.
10. Agama : Mayoritas Hindu, sisanya adalah Islam, Kristen, dan Budha.
11. Kegiatan ekonomi : Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Pertambangan, Perindustrian, Perhubungan, dan Perdagangan.
12. Kebudayaan : India memiliki banyak peninggalan masa lampau misalnya Taj Mahal, Amritsar terkenal dengan kuil emasnya yang merupakan tempat suci yang terletak di Punjaab.
13. Bentuk kerjasama India dengan Indonesia : Wujud kerjasamanya antara lain;
a. Bidang politik. Kedua Negara saling menempatkan duta besarnya, menjadi pemprakarsa Konfrensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955, dan berdirinya organisasi Gerakan Non Blok.
b. Bidang ekonomi. Indonesia menginport dari India berupa Bajaj, bus, karung goni, Kambing Ettawa, Induk sapi Anggole, dan bahan Textil. Sedangkan Indonesia mengexport barang-barang ke India berupa Karet, Kopi, Rempah-rempah, Pakaian jadi, Minyak kelapa, bumbu masak, dan batu bara.
c. Bidang social. Pada saat perang kemerdekaan Indonesia, India mengirimkan bantuan obat-obatan dan bantuan medik ke Indonesia. Sedangkan pada tahun 1946 Indonesia mengirimkan tiga juta ton beras ke India untuk menghindari bahaya kelaparan.
d. Bidang Kebudayaan. Saling tukar-menukar pelajar, pemuda, dan Mahasiswa.

C. Republik Rakyat Cina (RRC).
RRC merupakan Negara dengan jumlah penduduk nomor satu di bumi, karena luas wilayahnya yang sangat luas. RRC merupakan Republik Komunis yang beribukota di Beijing.
1. Luas Wilayah : 9.600.000 KM2.
2. Letak Astronomis : 18º LU-54º LU dan 73º BT-135º BT.
3. Letak Geografis : Asia timur menghadap ke Samudera Pasifik.
4. Batas-batas : Utara adalah Republik Rakyat Mongolia. Timur adalah L. Cina timur, dan L. Kuning. Selatan adalah Nepal, Bhutan, India, Myanmar, Laos, Vietnam. Barat adalah Pakistan dan Afganistan.
5. Bentang alam : Bentang alam Cina dapat dibagi menjadi dua yaitu Cina utara yang wilayahnya relative datar dan tanahnya berdebu, dan Cina selatan yang reliefnya relative kasar dan banyak pegunungannya.
6. Iklim : Sub Tropis, yang bagian pedalamannya dingin dan kering, tenggaranya lebih basah karena masih dipengaruhi oleh iklim laut.
7. Keadaan penduduk : Pada tahun 1998, Cina mempunyai penduduk sebesar 1.242.500.000 jiwa. Yaitu terbesar pertama di bumi. Pertumbuhan penduduk rata-rata setiap tahun 1,3%. Kepadatan penduduknya 125 jiwa per KM2. Suku bangsa mayoritas di Cina adalah Cina Han (94%), sisanya adalah suku Mongol, Turki, Korea, dan Manchu.
8. Bentuk pemerintahaan : Republik Komunis. Kepala Negara adalah Ketua komite pengawas badan legislative. Kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Namun pelaksanaan kekuasaan Cina yang efektif, terletak pada para Pemimpin Partai Komunis.
9. Bahasa : Mandarin.
10. Agama : Mayoritas Kong Hu Chu, sisanya Tao, Budha, dan Islam.
11. Kegiatan Ekonomi : Pertanian, Pertambangan, Industri, dan Perdagangan.
12. Kebudayaan : Cina merupakan salah satu bangsa yang mempunyai kebudayaan tertua di bumi. Misalnya yaitu Tembok Besar Cina yang dibangun pada masa Dinasti Chin, yaitu pada tahun 210 masehi.
13. Bentuk kerjasama Cina dengan Indonesia : Hubungan kerjasama Cina dengan Indonesia pernah terputus sejak peristiwa G30S PKI. Akan tetapi sejak tanggal 8 Agustus 1990 hubungan itu dibuka kembali. Hubungan dengan Indonesia meliputi:
d. Bidang diplomatic. Kedua Negara saling menempatkan duta besarnya.
e. Bidang perdagangan. Expor Cina meliputi: Mesin-mesin, barang elektronika, dan alat pertanian. Inpor Cina dari Indonesia antara lain: Kopi, semen, kayu, tembaga, dan timah
f. Bidang Internasional. Ikut serta dalam Forum PBB.

D. Arab Saudi.
Nama asli Arab Saudi adalah AL Mamlaka AL Arabiah AL Saudiah. Kerajaan ini didirikan oleh Raja Abdul Azis pada tanggal 23 September 1932, ibukota Arab Saudi adalah Riyad.

1. Luas wilayah : 2.331.000 KM2.
2. Letak astronomis : 15º LU-32º LU dan 34º BT-57º BT.
3. Letak geografis : Asia barat, berupa semenanjung Arabiah.
4. Batas-batas : Utara adalah Yordania, Irak, dan Kuwait. Timur adalah Teluk Persia, Uni Emirat Arab, Bahrein, dan Khattar. Selatan adalah Oman dan Yaman. Barat adalah Laut Merah.
5. Bentang alam : Sebagian besar berupa Gurun pasir dan Plato. Di gurun juga ditemukan Oase, yaitu sumber air di gurun. Jenis tumbuhan alami yang tumbuh adalah Semak-semak, padang rumput, dan tumbuhan Gurun.
6. Iklim : Beriklim Tropis di selatan dan Sub Tropis di utara, serta beriklim continental darat.
7. Keadaan penduduk : Pada tahun 1998, jumlah penduduknya adalah 20.000 jiwa. Pertumbuhan penduduknya 3.2% per tahun. Penduduknya terdiri dari orang Arab, Smit, dan Badui. Penduduknya sebagian besar tinggal di pantai barat laut Merah.
8. Bentuk pemerintahan : Kerajaan yang berdasarkan hokum Islam. Raja berperan sebagai pemimpin Politik, Agama(Imam), Eksekutif, dan Pembuat undang-undang. Negara ini tidak mempunyai undang-undang Dasar, karena hukumnya memakai hukum Islam.
9. Bahasa : Bahasa Arab.
10. Agama : Mayoritas beragama Islam.
11. Kegiatan ekonomi : Pertambangan minyak bumi, Perindustrian, Pertanian, Peternakan, dan Perdagangan.
12. Kebudayaan : Arab Saudi adalah tempat lahirnya agama Islam yang dibawa oleh Nabi Besar
Muhammad SAW. Sehingga Arab mempunyai berbagai tempat peninggalan sejarah peradaban Islam seperti Kota Mekkah, Kota Madinah, Masjidil Haram dengan Ka’bah di dalamnya, dan Masjid Nabawi.
13. Bentuk kerjasama Arab Saudi dengan Indonesia : Terwujud dalam bidang sebagai berikut;
a. Bidang politik. Kedua negara saling menempatkan duta besarnya.
b. Bidang ekonomi. Keduanya mengadakan kerjasama antara lain sebagai berikut:
– Eksport dan Inport. Eksport Indonesia ke Saudi antara lain Kayu lapis, The, Pakaian jadi, Kain mori, dan Sarung batik. Sedangkan Inport Indonesia dari Saudi berupa Minyak mentah, Minyak bersih, Polimer, dan Gandum.
– Investasi. Arab membantu Indonesia dalam pembangunan pabrik PUSRI IV dan pembangunan jalan raya Surabaya-Malang.
– Kerjasama Multi Lateral. Keduanya menjadi anggota negara pengeksport minyak bumi (OPEC).
c. Bidang social budaya. Hubungan kerjasamanya antara lain:
– Saudi mendukung perjuangan bangsa Indonesia dalam menentang penjajahan, dan mengakui kemerdekaan Indonesia.
– Adanya beasiswa bagi mahasiswa Indonesia yang mendalami ilmu Agama di Arab Saudi.
– Arab Saudi banyak menginport tenaga kerja Indonesia.
d. Bidang keagamaan. Kerjasamanya dalam bidang keagamaan adalah sebagai berikut:
– Kerjasama dalam hal Jemaah Haji.
– Mayoritas kedua negara penduduknya beragama Islam, jadi diperlukan tali persaudaraan yang erat.

About these ads

3 Komentar

  1. negara koreanya kuq g da. . .

    • iya dechhh !!!!!!
      nanti saya tambah kan lagi negara negara biar lebih lengkap

      thanks udah kunjungi blog q …
      BENNIARDI

  2. laut-laut diantara benua australia dan asia tuCh apA sicH??


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.